Masakan Terbaru

RESEP ES LILIN

Salkomsel...
Ini es jadul jaman saya kecil... Sewaktu saya SD di awal thn 80 an (tua bgt ya sy😄) yang ngetop ya es lilin ini.. Jaman itu di daerah saya Tanjung Kalsel ga ada tuh yg jual es krim kayak merk2 terkenal itu.. adanya cuman es lilin, es gabus dan es dungdung 😂
Tapi terus terang saya lbh suka 3 macam es di atas sih drpd es krim pabrikan itu .
.
Dulu almh mama sy sering bgt bikinin saya es ini biar sy ga beli di luaran karena kata mama saya klo dia yang bikin mesti lebih sehat😉😍😍..
.

Yuk nge es dulu.. ini wenaakk kt anak sy , temen anak sy dan suami sy.. 😂😄paling tidak balik bernostalgia dulu nih 😂
.
RESEP ES LILIN
By meibasuki
.
Bahan:
500 ml santan; saya pake santan instan 65 ml + air matang
500 ml SUSU CAIR full cream
100 gr gula pasir
15 gr maizena
Sejumput garam
.
2 sdm sirup leci
.
3 sdm susu kental manis (SKM) putih
Pasta strawberry
.
3 sdm SKM cokelat
 

 
Cara membuat ES LILIN :
1. Campur susu + santan
2. Tambahkan garam
3. Ambil 5-6 sdm campuran susu dan santan, campur ke maizena, aduk rata, masukkan lagi ke dalam camp susu santan, aduk rata 
4. Masukkan gula pasir + garam: aduk rata
5. Masak di atas api sampe mendidih
6. Bagi 3 adonan
7. Adonan pertama beri sirup leci, aduk
8. Adonan ke2 beri SKM putih & pasta strawberry 
9. Adonan ke3 beri SKM cokelat 
10. Bungkus masing2 warna dg plastik es lilin, ikat dg karet gelang
11. Bekukan di freezer
12. Buka karetnya, hidangkan
.
Note: Jika plastik yang digunakan panjang, sebaiknya sisakan plastik untuk langsung diikat saja tanpa karet. Plastik sy pendek, jadinya pake karet gelang.

0 Response to "RESEP ES LILIN"